Cara Membuat Saluran Khusus (Custom Channels) Adsense Tertarget, Salah satu fitur google adsense yakni custom chanel atau sering disebut saluran khusus adsense, merupakan fitur untuk memantau performa iklan adsense kamu secara spesifik dari tiap-tiap iklan yang ada.
Yang mana jika di (performance reports) laporan perfoma hanya menampilakan data data dari keseluruhan jumlah iklan dan tidak terperinci. Tetapi dengan menggunakan custom chanel data-data performa iklan seperti, jumlah klik, ctr, cpc dan coverage akan ditampilkan terperinci, dan spesisfik untuk masing-masing iklan yang ada di blog kamu
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat custom chanel dan cara menargetkan yang benar -benar tertarget.
contoh iklan yang kamu pasang di blog berjumlah 3 unit:
a. diatas artikel 300x250
b. disidebar kanan 300x600
c. dibawah artikel 336x280
jika kamu tidak membuat custom chanel untuk masing masing iklan diatas, maka laporan performa pada adsense akan menampilkan informasi dari keseluruhan iklan diatas.
tetapi jika kamu membuat custom channel untuk masing-masaing iklan diatas, maka hasil laporan performa pada adsense akan terperinci dan spesifik untuk masing-masing iklan diatas
jika kita membuat custom channel untuk masing-masing iklan akan seperti ini modelnya
a. Custom chanel judul "iklan diatas artikel" untuk iklan diatas artikel 300x250
b. Custom chanel judul "iklan disedebar" untuk iklan disidebar kanan 300x600
c. Custom chanel judul "iklan dibawah artikel" untuk iklan dibawah artikel 336x280
Kita dibolehkan untuk membuat maksimal 500 custom chanel di google adsense, ya cukup lah untuk orang yang punya blog lebih dari satu
ketika pengiklan tertarik dengan custom channel kamu, entah itu dari deskripsi, letak iklan, ataupun ukuran iklan, maka si pengiklan akan memasang iklannya pada custom chanel kita
lebih lengkap mengenai lelang iklan adsense baca disini https://support.google.com/adsense/answer/160525?hl=id
Karena kita akan membuat custom channel tertarget untuk pengiklan/advertiser, maka kita harus memberikan informasi yang tertarget pula dari blog kita untuk custom channel yang kita buat. informasi ini kita akan tuliskan di bagian deskripsi custom channel.
Login google adsense kamu, pada bagian My Ads klik Custom Channels kemudian klik New custom channels
Keterangan dari gambar
1. isi dengan judul custom channel, judul inilah yang akan dilihat oleh pengiklan adwords, buatlah judul yang jelas dan padat, contoh diatas dengan judul "dibawah artikel 336x280"
2. pilih iklan yang akan dimasukan ke kustom channel
3. beri centang bagian ini untuk mentargetkan custom channel
4. isi dengan "semua halaman" untuk seluruh artikel blog. atau isi dengan "halaman beranda" jika hanya untuk bagian beranda/homepage
5. pilih dimana letak iklan kamu berada, jika iklan kamu ada dibawah maka bottom, jika ada diatas maka top
6. isi dengan deskripsi custom chanel kamu. disinilah cara jitu untuk menargetkan iklan kamu ke pengiklan. dengan deskripsi yang jelas dan tertaget maka semakin menarik dimata pengiklan.
Kita akan membuat custom channel tertarget dari deskripsi yang kita berikan, pada bagian deskripsi inilah kita menjelaskan sedikit tentang blog, ukuran iklan dll.
Saya menggunakan google analytics sebagai sumber informasi untuk deskripsi custom channel. Pada google analitycs saya mengambil informasi mengenai jenis kelamin, umur, dan minat pengunjung di segmen pasar. dari google analytics. seperti berikut
untuk melihat minat pengunung di segmen pasar, sebelumnya kamu harus mengkoneksikan akun google adsense mu dengan google analitycs
sehingga dari data-data diatas saya mendapatkan deskripsi berikut ini
7. pilih "Indonesian" jika blog kamu berbahasa indonesia
salah satu ilmu pasti untuk meningkatkan pendapatan adsense adalah trafik, kamu harus punya trafik banyak ke blog kamu.
Terimakasih dan semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like and share oke
Yang mana jika di (performance reports) laporan perfoma hanya menampilakan data data dari keseluruhan jumlah iklan dan tidak terperinci. Tetapi dengan menggunakan custom chanel data-data performa iklan seperti, jumlah klik, ctr, cpc dan coverage akan ditampilkan terperinci, dan spesisfik untuk masing-masing iklan yang ada di blog kamu
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat custom chanel dan cara menargetkan yang benar -benar tertarget.
Apa itu Custom Channels dan apa kegunaannya?
Custom Channels(Saluran khusus) merupakan salah satu cara ampuh memonitor performa iklan google adsense yang kamu punya, juga menjadi cara ampuh meningkatkan pendapatan dengan cara menargetkan iklan ke pihak pengiklan.Fungsi Saluran Khusus (Custom Channel) Google Adsense
Banyak manfaat dari menggunakan custom channel untuk unit iklan adsense kamu, tidak hanya untuk memonitor setiap iklan tetapi masih banyak lagi kegunaanya seperti berikut:1. Memantau Performa setiap unit Iklan adsense
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, membuat custom chanel untuk iklan adsesne berguna untuk memantau masing masing performa iklan.contoh iklan yang kamu pasang di blog berjumlah 3 unit:
a. diatas artikel 300x250
b. disidebar kanan 300x600
c. dibawah artikel 336x280
jika kamu tidak membuat custom chanel untuk masing masing iklan diatas, maka laporan performa pada adsense akan menampilkan informasi dari keseluruhan iklan diatas.
tetapi jika kamu membuat custom channel untuk masing-masaing iklan diatas, maka hasil laporan performa pada adsense akan terperinci dan spesifik untuk masing-masing iklan diatas
jika kita membuat custom channel untuk masing-masing iklan akan seperti ini modelnya
a. Custom chanel judul "iklan diatas artikel" untuk iklan diatas artikel 300x250
b. Custom chanel judul "iklan disedebar" untuk iklan disidebar kanan 300x600
c. Custom chanel judul "iklan dibawah artikel" untuk iklan dibawah artikel 336x280
Kita dibolehkan untuk membuat maksimal 500 custom chanel di google adsense, ya cukup lah untuk orang yang punya blog lebih dari satu
2. Menaikan Pendapatan Adsense dengan Targetable Ads
Dengan mencentang targetable ads pada custom channel yang kamu buat, maka pihak adsense akan akan memberikan informasi dan menampilkan custom channel tersebut ke pengiklan/advertisers di adwords.ketika pengiklan tertarik dengan custom channel kamu, entah itu dari deskripsi, letak iklan, ataupun ukuran iklan, maka si pengiklan akan memasang iklannya pada custom chanel kita
3. Menaikan Sekaligus Menstabilkan Nilai CPC/BPK Adsense
Dengan cara membuat custom channel yang tertarget dan jika banyak dari pengiklan ingin mengiklankan di blog anda maka nilai lelang akan naik, otomatis hanya iklan dengan harga cpc/bpk tinggi yang akan tampillebih lengkap mengenai lelang iklan adsense baca disini https://support.google.com/adsense/answer/160525?hl=id
Cara Membuat Saluran Khusus (Custom chanel) Adsense Tertarget
Sebelum kamu membuat custom chanel di google adsense, pastikan kamu sudah membuat unit iklan. Metode yang saya gunakan yakni dengan cara membuat custom chanel untuk setiap unit iklan dengan berbeda-beda tempat, dan berbeda-beda deskripsi. Hal ini berguna untuk menaikan harga lelang iklan sehingga hanya iklan yang cpc/bpk tinggi yang tampilKarena kita akan membuat custom channel tertarget untuk pengiklan/advertiser, maka kita harus memberikan informasi yang tertarget pula dari blog kita untuk custom channel yang kita buat. informasi ini kita akan tuliskan di bagian deskripsi custom channel.
Login google adsense kamu, pada bagian My Ads klik Custom Channels kemudian klik New custom channels
Keterangan dari gambar
1. isi dengan judul custom channel, judul inilah yang akan dilihat oleh pengiklan adwords, buatlah judul yang jelas dan padat, contoh diatas dengan judul "dibawah artikel 336x280"
2. pilih iklan yang akan dimasukan ke kustom channel
3. beri centang bagian ini untuk mentargetkan custom channel
4. isi dengan "semua halaman" untuk seluruh artikel blog. atau isi dengan "halaman beranda" jika hanya untuk bagian beranda/homepage
5. pilih dimana letak iklan kamu berada, jika iklan kamu ada dibawah maka bottom, jika ada diatas maka top
6. isi dengan deskripsi custom chanel kamu. disinilah cara jitu untuk menargetkan iklan kamu ke pengiklan. dengan deskripsi yang jelas dan tertaget maka semakin menarik dimata pengiklan.
Kita akan membuat custom channel tertarget dari deskripsi yang kita berikan, pada bagian deskripsi inilah kita menjelaskan sedikit tentang blog, ukuran iklan dll.
Saya menggunakan google analytics sebagai sumber informasi untuk deskripsi custom channel. Pada google analitycs saya mengambil informasi mengenai jenis kelamin, umur, dan minat pengunjung di segmen pasar. dari google analytics. seperti berikut
untuk melihat minat pengunung di segmen pasar, sebelumnya kamu harus mengkoneksikan akun google adsense mu dengan google analitycs
sehingga dari data-data diatas saya mendapatkan deskripsi berikut ini
Iklan ini berukuran 336x280 tampil diseluruh halaman artikel. Minat pengunjung di segmen pasar yakni, wisata/hotel dan akomodasi. Pengunjung 93% laki-laki, umur 63% 18-24 tahun
7. pilih "Indonesian" jika blog kamu berbahasa indonesia
Kesimpulan
Walaupun saya bukan pengguna profesional di bidang google adsense, tetapi sudah banyak yang membuktikan menggunakan custom chanel dapat meningkatkan pendapatan adsense hingga 400% tentunya ini tergantung dari cara menargetkan custom chanel mu dan juga niche blog kamu.salah satu ilmu pasti untuk meningkatkan pendapatan adsense adalah trafik, kamu harus punya trafik banyak ke blog kamu.
Terimakasih dan semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like and share oke
Advertisement