-->

Cara Menggunakan Alat Keselamatan Kerja Yang Benar Secara Safety

Cara menggunakan alat keselamatan kerja yang benar, pastinya semua orang sudah mengetahui mengenai alat keselamatan kerja, dimana alat keselamatan kerja merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengantisipasi adanya kecelakaan kerja yang mana hal ini merupakan salah satu first safety dan prime safety bagi setiap pekerja atau seseorang yang berada dalam kegiatan yang dapat terjadi kecelakaan secara fatal. Alat keselamatan kerja sebenarnya hampir sama dengan alat pelindung diri yang mana memang merupakan alat yang sangat penting digunakan.
Safety

Disini saya akan memberikan informasi mengenai alat keselamatan kerja dan cara pemakaiannya yang benar dan sesuai standar.
  1. Cara pemakaian safety helm.
Sebelum anda menggunakan alat safety atau helm yang khusus digunakan dalam berbagai pekerjaan berisiko dapat anda ketahui sebagai berikut.
  • Sebelum anda memakai safety helm sebelumnya anda wajib melihat dulu apakah helm yang akan anda gunakan aman atau tidak. Dan tentunya berfungsi dengan baik atau tidak, helm yang sesuai standar pastinya dilengkapi busa di dalam helm, tidak ada retakan serta tali pengunci helm juga berfungsi dengan baik.
  • Pastikan helm yang anda gunakan sesuai dengan kepala anda yaitu tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, hal ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas anda nantinya.
  • Setelah itu ketika anda memakai helm tersebut usahakan sesuai dengan kepala anda yang artinya tidak terlalu ke atas dan juga tidak terlalu ke bawah. Supaya pekerjaan anda tidak terganggu oleh alat safety helm tersebut.
  1. Cara menggunakan safety shoes.
Tentunya sepatu pelindung sangat penting digunakan untuk anda yaitu dalam melindungi bagian kaki anda, sepatu peindung ini tentunya tidak sembarangan dalam memakainya, perlu hal khusus yang harus diperhatikan dalam penggunaan safety shoes yaitu salah satunya adalah masukan semua celana  anda kedalam sepatu tersebut, serta gunakan kaos kaki dengan baik supaya kaki anda tidak lecet dan tergores oleh sepatu pelindung anda. Hal yang teramat penting adalah lihatlah dalam sepatu yang mana sepatu tersebut bersih atau tidak, jangan sampai kaki anda jadi bau gara-gara sepatu yang anda gunakan ternyata kotor.
  1. Cara penggunaan tali pengaman (safety harness).
Tentunya hal tersebut memang menjadi salah satu hal yang sangat utama dimana tali pengaman yang digunakan ini merupakan tali pengaman khusus contohnya bagi mereka yang suka melakukan panjat tebing. Hal ini karena memang tali pengaman sangat diperlukan, hal yang utama dalam menggunakan tali pengaman adalah anda harus melihat dulu apakah ada bekas sobek dan disambung serta lihat kunci pada sebuah tali pengaman, apakah cukup meyakinkan anda atau tidak. Apabila anda memasang usahakan anda memasang dengan sistem yang benar-benar sesuatu standar dan bukan asal-asalan tentunya.
  1. Kacamata pengaman atau safety glasses.
Kacamata pengaman sangatlah diperlukan karena kacamata pengaman merupakan salah satu hal yang teramat penting dalam sebuah kegiatan khusus, salah satunya adalah kegiatan dalam pekerjaan berat. Cara pemakaiannya juga cukup mudah yaitu hanya dengan mengutamakan kaca tidak miring dan tentunya diletakan dengan pas. Hal ini bertujuan supaya mata benar-benar aman terlindungi dari berbagai jenis bahaya yang akan datang.
  1. Pakaian pelindung diri.
Pakaian ini tentunya sangat berguna untuk melindungi diri seseorang dari hal yang tidak diinginkan, cara penggunaan pakaian ini juga harus benar dan sesuai standar sesuai dengan fungsi dan dimana mereka bekerja. Jas hujan juga termasuk alat atau pakaian pelindung diri, pakaian anti peluru juga sama dapat melindungi diri. Salah satunya adalah pakaian pelindung diri yang berhubungan dengan medis yaitu seperti halnya yang harus anda ketahui bahwa pakaian tersebut bersifat steril, sebelum anda menggunakan pakaian tersebut usahakan anda menggunakan sarung tangan terlebih dahulu, bagian luar steril dan bagian dalam non steril. Gunakan dengan sistem menyentuh bagian dalam baru bagian luar, masukan tangan anda secara bersamaan dan tentunya anda membutuhkan asisten untuk ha ini, pakaian pelindung diri ini yang terdapat tali terletak dibelakang dan yang depan polos tanpa tali.
Itulah beberapa hal mengenai cara menggunakan alat keselamatan kerja semoga dapat membantu anda dan berguna sebagai tutorial untuk anda. Tentunya anda juga wajib mengetahui untuk membeli alat safety yang sesuai standar dan berkualitas hanya di toko kami, kami jual alat safety dengan berbagai kegunaan.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()